Senin, 03 Oktober 2011

FORMAT PROPOSAL PENDIRIAN USAHA

Saya berikan sebuah contoh Proposal Pendirian Usaha yang nantinya akan banyak membantu dalam membuat usaha. Proposal ini hanya sebuah rangkuman sederhana yang saya ambil dari beberapa contoh proposal yang telah saya baca. Selamat membaca. Salam Sukses bagi para Wirausaha.



JUDUL PROPOSAL PENDIRIAN USAHA

A. PENDAHULUAN
1. Latar belakang pendirian usaha
2. Visi perusahaan
3. Misi perusahaan
4. Nilai dasar yang digunakan untuk falsafah perusahaan


B. TUJUAN PENDIRIAN PERUSAHAAN
1.Tujuan didirikannya usaha untuk pribadi
2. Tujuan didirikannya usaha untuk masyarakat


C. SUSUN ORGANISASI PERUSAHAAN
1. Struktur organisasi penanggung jawab perusahaan
2. Job description masing-masing jabatan
3. Gambar struktur organisasi


D. IDENTITAS PERUSAHAAN
1. Nama perusahaan
2. Alamat perusahaan : kantor, web, email
3. Telepon dan fax perusahaan
4. Bank dan rekening yang dapat digunakan untuk transaksi
5. Lambang yang digunakan
6. Merek yang dipakai


E. TENAGA KERJA
1. Nama karyawan
2. Jumlah karyawan
3. Jam kerja
4. Job description


F. PRODUK YANG DIBUAT
1. Menjelaskan secara detail produk yang dibuat
2. Keunggulan dari produk yang dibuat
3. Keuntungan dan manfaat ketika menggunakan produk tersebut
4. Proses pembuatan produk tersebut


G. SARANA PRASARANA
1. Aspek bangunan
2. Aspek peralatan kantor
3. Aspek peralatan produksi
4. Aspek bahan baku dan kemasan
5. Layout bangunan dan tataletak ruang


H. PETA PEMASARAN
1. Strategi pemasaran
2. Rencana pendistribusian disertai data-data yang mendukung dan lengkap
3. Rencana pemasaran yang akan dilakukan
4. Market share dan peluang yang dimiliki


I. STUDI KELAYAKAN DAN ANALISIS BISNIS
Sebuah usaha sebelum di jalankan lebih baik dilakukan studi kelayakan terlebih dahulu. Membadingkan usaha yang akan dibuat dengan perusahaan yang telah berjalan contohnya : sumber bahan baku, proses produksi, cara pemasaran, mengembangan organisasi, peningkatan sumber daya manusia, peluang bisnis yang akan diperoleh, kekuatan pasar, daya serap konsumen, lokasi pendirian usaha dan area pemasaran.

Analisis yang paling mudah dipakai dan dipahami adalah dengan menggunakan Analisis SWOT. Analisis ini menguraikan tentang Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan, dan Tantangan perusahaan. Semakin detail menguraikan butir-butir dalam analisis ini sangat membantu keberhasilan usaha.

J. KESIMPULAN
Beberapa kesimpulan dari analisis tersebut sehingga perusahaan layak untuk didirikan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar